Saung Angklung Udjo

Jl. Padasuka No.118,Pasirlayung,Cibeunying Kidul,Kota Bandung, Jawa Barat

Jumat 08.00–17.00 Sabtu 08.00–17.00 Minggu 08.00–17.00 Senin 08.00–17.00 Selasa 08.00–17.00 Rabu 08.00–17.00 Kamis 08.00–17.00

http://www.angklung-udjo.co.id/

(022) 7271714

5 Maret 1929, adalah hari di saat pasangan suami istri Wiranta dan Imi dikarunia putra keenam mereka, yang kemudian diberi nama Udjo.
Udjo kecil sudah memperlihatkan bakatnya dan ketertarikannya dalam dunia seni, musik dan budaya sejak usia balita. Udjo mempelajari Angklung dalam dua tangga nada dasar, yaitu diatonik dan pentatonik, hal ini menjadikannya mahir untuk memainkan berbagai jenis musik, mulai dari musik tradisional Sunda dan lagulagu popular Indonesia, serta juga, lagu dari negara Belanda.
Kepiawaiannya dalam berkesenian terus berkembang seiring dengan berjalannya waktu. Dan kemudian Udjo menjadi seorang guru kesenian di beberapa sekolah di Bandung. Keinginannya untuk terus maju mendorongnya untuk mempelajari kesenian langsung dari para maestro kesenian Sunda, mereka adalah : Mang Koko sang ahli Kecapi; Rd. Machyar Angga Kusumahdinata seorang guru gamelan; dan Daeng Soetigna sang inventor Angklung diatonik. Tak lama kemudian, Udjo didaulat untuk menjadi asisten dari Daeng Soetigna, dan kemudian mewakilinya untuk memimpin sebuah pertunjukan musik.

Saung Angklung Udjo (SAU) merupakan sebuah tujuan wisata budaya yang lengkap, karena SAU memiliki arena pertunjukan, pusat kerajinan bambu dan workshop untuk alat musik bambu. Kehadiran SAU di Bandung menjadi lebih bermakna karena kepeduliannya untuk terus melestarikan dan mengembangkan kebudayaan Sunda – khususnya Angklung – kepada masyarakat melalui sarana pendidikan dan pelatihan

Dengan atmosfer segar Tatar Parahyangan di kawasan Bandung Timur, SAU menjadi tempat yang tepat untuk menikmati keunikan dari dominasi bambu, dimulai dari elemen interior dan landscape sampai dekorasi dan gemerincingnya suara alat musik bambu. Sehingga menggambarkan keharmonisan diantara alam dan budaya, karenanya, tidaklah mengherankan apabila SAU kini berkembang menjadi sebuah tujuan pengalaman wisata budaya yang lengkap – tempat untuk bisa merasakan kebudayaan sunda sebagai bagian dari kekayaan warisan budaya dunia.

https://www.youtube.com/user/angklungudjo

Visited 2029 times, 1 Visits today

Add a Review

Rate this by clicking a star below:

 

Orang lain juga mencari

Shelter Bandung yang merupakan salah satu tempat hangout dan Nightlife terbaik dan menjadi favorit di Kota Kembang. Disini anda akan menghabiskan waktu menghibur diri semalaman bersama teman-teman anda. Untuk minuman sendiri Anda bisa memesan aneka spesial untuk menemani udara yang sedikit dingin. Vanilla Mocktail, Lychee Martini, sampai Sobbers Cocktail yang mencampur 11 bahan sedemikian rupa. Pastinya, bakal jadi pelega kerongkongan, menghangatkan tubuh, sekaligus membuat ketagihan. Minuman yang non-alkoholpun bisa dijajal seperti Ice Tea, Ice Lemon Tea, maupun jus dari buah-buahan segar. Kalau sudah begitu, indahnya malam di Kota Kembang semakin terasa dan menyata

Posted In  Club, Bar & LoungeHiburan and  Nightlife

Peta Park, sebuah resort wisata baru yang baru dibuka untuk umum pada Hari Minggu Tanggal 29 Mei 2016 lalu. Terletak di Jl. Peta No.229 Bandung, Peta Park menawarkan konsep taman wisata eksklusif bagi para pengunjung. Keistimewaan Peta Park selain lokasinya yang lebih mudah dijangkau adalah memperbolehkan para pengunjung membawa hewan peliharaannya untuk ikut bersantai bersama.

Bangunan yang berarsitektur modern menjadi daya tarik sendiri. Pengunjung di sini bisa berfoto-foto berlatar belakang bangunan itu. Aneka tanaman unik dan budidaya sayuran pun terlihat di taman ini. Di sana juga terdapat sungai dan air terjun kecil buatan.

Pengunjung bisa duduk-duduk santai di bawah pepohonan. Banyak pohon bonsai yang bisa menarik para pengunjung ke taman ini. Bagi anak-anak di tepian sungai buatan itu ada area permaianan pasir seperti di pantai.

Pengunjung bisa berpiknik menggelar tikar makan bersama keluarga di rumput taman tersebut. Bagi yang kehabisan atau tidak bawa bekal jangan risau. Di taman ini juga tersedia di foodcourt yang menyediakan berbagai makanan, seperti bakso tahu.

Selain sebagai tempat wisata bangunan di taman ini bisa digunakan untuk berbagai kegiatan seperti gathering komunitas atau keluarga, acara pernikahan, dan kunjungan pendidikan.

Posted In  Destinasi LiburanHiburanPermainan & Wahana and  Wisata

Siliwangi Water Park Terletak di kawasan Jl.Belitung/Lombok No.10 (Komp. Stadion Siliwangi). Terdiri dari Kolam Renang Anak dan Dewasa. Ada yang berbeda dengan kolam renang anak lainnya yaitu disediakan area berpasir. Anak-anak dapat berkreasi seperti layaknya di pantai. Satu-satunya Kolam renang di tengah kota dengan suasana alam yang asri.

Siliwangi Swimming pool air hangat dengan wahana baru : Siliwangi Adventure Land selain itu menyajikan aneka menu makanan dan minuman tradisional yang lezat dan murah. Kolam anak dilengkapi dengan papan luncur dan area pasir pantai yang membuat anak-anak merasa seperti sedang dipantai. selain itu siliwangi water park juga memiliki fasilitas convention hall, toko olah raga speedo, ruang sauna, dan oasis resto & lounge

Posted In  Destinasi LiburanKolam Renang and  Permainan & Wahana

Stone Garden terletak di Desa Gunung Masigit, Kecamatan CIPATAT Kabupaten Bandung Barat dengan memakan waktu tempuh 1 – 2 jam dari pusat kota Bandung.Wisata alam ini tidak kalah indah dengan wisata alam Tangkuban Perahu, Kawah Putih Ciwidey, dan Situ Patengan merupakan kawasan wisata alam yang sering dikunjungi oleh banyak wisatawan lokal maupun mancanegara.

Posted In  HiburanPerjalanan & Petualangan and  Wisata

Wisata Eling Bening memiliki konsep modern resort dengan berbagai fasilitas yang lumayan lengkap. Sangat cocok untuk dijadikan tempat rekreasi bersama keluarga, tempat meeting dan gathering, prewedding dan wedding party.

Eling Bening Bawen ini berhasil mencuri perhatian para wisatawan dan menjadi salah satu tujuan wisata favorit terbaru di Semarang.

Posted In  Destinasi LiburanHiburanRestoran and  Wisata

Goa Pindul saat ini merupakan salah satu Obejct Wisata terbaik di Gunung Kidul Jogjakarta yang menyuguhkan kegiatan yang mengasyikkan dan seru yaitu perpaduan wisata air dan jelajah goa dengan waktu kurang lebih 45-60menit perjalanan menyusuri sungai sepanjang 300 meter.Di dalam Goa pindul anda akan dapat menikmati pemandangan yang sangat menawan seperti stalaktit Goa dan pencahayaan goa yang unik menerobos melalui celah atap goa. Dalam melakukan wisata ini anda akan dipandul oleh seorang pemandu yang sudah berpengalaman tentunya

Posted In  HangoutPermainan & Wahana and  Wisata