• My Nearest City

Daftar Destinasi Wisata Alam Indonesia

Blue Lagoon Jogja, Special Region of Yogyakarta, Indonesia

Blue Lagoon Sleman mempunyai nama asli Pemandian Tirta Budi yang terletak di kecamatan Ngemplak Sleman. Sebuah kolam alami yang dijadikan sebagai pemandian oleh warga setempat ini akan memanjakan setiap pengunjung. Mulai dari kesegaran air, udara, tanah dan sebagainya masih begitu alami, sehingga tempat ini sering dijadikan berakhir pekan oleh warga Jogja.

Air yang ada di Blue Lagoon atau Pemandian Tirta Budi ini berasal dari tiga mata air atau sendang. Sendang yang pertama adalah Sendang Wadon (Putri), Sendang Belik Kluwih dan Sendang Lanang (Putra). Ketiga sendang tersebut mempunyai peran yang sama yaitu mengairi Blue Lagoon Sleman.

Pemandian Tirta Budi di Jogja sudah begitu ramai akan adanya wisatawan, sehingga fasilitas yang disediakan di objek wisata ini cukup lengkap. Beberapa fasilitas di Pemandian Tirta Budi adalah sebagai berikut:
Tempat parkir
Kamar mandi umum
Mushola
Warung
Penginapan (Homestay)
Tempat penitipan barang.
Gazebo
Penyewaan perlengkapan mandi (ban, pelampung dll)

Posted In  Destinasi LiburanHiburanPerjalanan & Petualangan and  Wisata

Kepulauan Raja Ampat, Waisilip, Raja Ampat Regency, West Papua, Indonesia

Raja Ampat adalah tempat untuk terhubung dengan alam di salah satu tujuan menyelam yang paling terkenal di dunia!

Selain menyelam atau snorkeling di Raja Ampat anda dapat melakukan kegian lain seperti menjelajahi daerah ini yang menakjubkan dari dunia bersama dengan kayak, melintasi hutan, pulau harapan, kunjungan ke desa-desa, birdwatching, dan sebagainya.

 

Posted In  Destinasi LiburanPerjalanan & Petualangan and  Wisata

Wisata Batu Kuda, Cibiru Wetan, Bandung, East Java, Indonesia

WANAWISATA Batu Kuda berada di lereng Gunung Manglayang. Tepatnya  di Kampung Cikoneng 1, Desa Cibiru Wetan, Kecamatan Cileunyi, Kabupaten Bandung. Kawasan ini berdiri di atas lahan hutan pinus dengan luas sekira 20 hektare yang meliputi BKPH Bandung Utara, RPH Manglayang Barat, RPH Ujung Berung, Kabupaten Bandung. Wanawisata ini terletak pada ketinggian antara 1150 – 1300 mdpl dan berada di bawah pengawasan Perhutani Unit III Jawa Barat dan Banten.

Dahulu sebelum dikenal sebagai Wanawisata oleh penduduk setempat mengenal Batu Kuda sebagai tempat untuk mencari kayu bakar. Nama Batu Kuda diambil dari mitos sesepuh masyarakat setempat bahwa Gunung Manglayang dahulu merupakan tempat bertapanya seorang raja yang dikenal  Prabu Eyang Kusumah. Raja tersebut bersama istrinya Eyang Layang Sari usai berkelana dan berburu mencari tempat beristirahat hingga ke puncak gunung. Setelah menemukan tempat yang cocok keduanya  menetap dan melanjutkan pertapaan hingga tileum. Sebelumnya Prabu Eyang Kusumah mengubah kuda yang dikenal dengan nama kuda Semprani menjadi batu dengan posisi telungkup (depa). Panjang  situs batu tersebut sekira 15 meter, lebar 3 meter  dan tingginya 5 meter. Lokasi batu berada di sebelah utara sekira 700 meter dari pintu gerbang.

Pada masa penjajahan Belanda wilayah ini juga sempat menjadi tempat peternakan ulat sutra atau penduduk setempat menyebutnya gedong hileud. Namun karena mengalami kebangkrutan akhirnya bangunan-bangunan tersebut dihancurkan.  Selang beberapa tahun terjadi penebangan liar hutan sekitar Batu Kuda sehingga wilayah Ujung Berung sering terendam air akibat banjir bandang dari kaki Gunung Manglayang. Untunglah tahun 1987 pihak perhutani segera mengelola hutan-hutan di wilayah tersebut menjadi obyek wisata yang dibuka untuk umum.

Untuk mencapai lokasi Wanawisata Batu Kuda dari Kota Bandung menempuh jarak 20 km, Kecamatan Ujung Berung (9 km), Kecamatan Cicadas dan Cicalengka (13 km). Akses termudah menuju wilayah ini yakni melaui jalan Cibiru. Dari bunderan Cibiru- Jalan Seokarno Hatta belok kanan ke arah Jatinangor. Tak Jauh dari sana belok kiri ke jalan Sadang dengan menempuh sekira 30 menit. Rute lain bisa melalui jalan SMPN 1 Cileunyi yang memiliki kondisi jalan lebih bagus.
Kini disamping situs batu kuda, yang menjadi favorit wisatawan yakni berkemah dan hiking ke puncak Gunung Manglayang sekira 3 km dari pintu gerbang. Selain itu  juga dapat melihat situs batu lainnya yang erat kaitan dengan situs Batu Kuda  seperti Batu Lawang, Batu Tumpeng ( 2 km) dan Batu Keraton (2,5 km)

Posted In  Perjalanan & Petualangan and  Wisata