Wisata Batu Kuda

Wisata Batu Kuda, Cibiru Wetan, Bandung, East Java, Indonesia

WANAWISATA Batu Kuda berada di lereng Gunung Manglayang. Tepatnya  di Kampung Cikoneng 1, Desa Cibiru Wetan, Kecamatan Cileunyi, Kabupaten Bandung. Kawasan ini berdiri di atas lahan hutan pinus dengan luas sekira 20 hektare yang meliputi BKPH Bandung Utara, RPH Manglayang Barat, RPH Ujung Berung, Kabupaten Bandung. Wanawisata ini terletak pada ketinggian antara 1150 – 1300 mdpl dan berada di bawah pengawasan Perhutani Unit III Jawa Barat dan Banten.

Dahulu sebelum dikenal sebagai Wanawisata oleh penduduk setempat mengenal Batu Kuda sebagai tempat untuk mencari kayu bakar. Nama Batu Kuda diambil dari mitos sesepuh masyarakat setempat bahwa Gunung Manglayang dahulu merupakan tempat bertapanya seorang raja yang dikenal  Prabu Eyang Kusumah. Raja tersebut bersama istrinya Eyang Layang Sari usai berkelana dan berburu mencari tempat beristirahat hingga ke puncak gunung. Setelah menemukan tempat yang cocok keduanya  menetap dan melanjutkan pertapaan hingga tileum. Sebelumnya Prabu Eyang Kusumah mengubah kuda yang dikenal dengan nama kuda Semprani menjadi batu dengan posisi telungkup (depa). Panjang  situs batu tersebut sekira 15 meter, lebar 3 meter  dan tingginya 5 meter. Lokasi batu berada di sebelah utara sekira 700 meter dari pintu gerbang.

Pada masa penjajahan Belanda wilayah ini juga sempat menjadi tempat peternakan ulat sutra atau penduduk setempat menyebutnya gedong hileud. Namun karena mengalami kebangkrutan akhirnya bangunan-bangunan tersebut dihancurkan.  Selang beberapa tahun terjadi penebangan liar hutan sekitar Batu Kuda sehingga wilayah Ujung Berung sering terendam air akibat banjir bandang dari kaki Gunung Manglayang. Untunglah tahun 1987 pihak perhutani segera mengelola hutan-hutan di wilayah tersebut menjadi obyek wisata yang dibuka untuk umum.

Untuk mencapai lokasi Wanawisata Batu Kuda dari Kota Bandung menempuh jarak 20 km, Kecamatan Ujung Berung (9 km), Kecamatan Cicadas dan Cicalengka (13 km). Akses termudah menuju wilayah ini yakni melaui jalan Cibiru. Dari bunderan Cibiru- Jalan Seokarno Hatta belok kanan ke arah Jatinangor. Tak Jauh dari sana belok kiri ke jalan Sadang dengan menempuh sekira 30 menit. Rute lain bisa melalui jalan SMPN 1 Cileunyi yang memiliki kondisi jalan lebih bagus.
Kini disamping situs batu kuda, yang menjadi favorit wisatawan yakni berkemah dan hiking ke puncak Gunung Manglayang sekira 3 km dari pintu gerbang. Selain itu  juga dapat melihat situs batu lainnya yang erat kaitan dengan situs Batu Kuda  seperti Batu Lawang, Batu Tumpeng ( 2 km) dan Batu Keraton (2,5 km)

Visited 5009 times, 1 Visits today

Add a Review

Rate this by clicking a star below:

 

Orang lain juga mencari

Dago Tea House terletak di kawasan Dago pada ketinggian 600 meter dari permukaan laut. Udara yang sejuk membuat pengunjung betah bersantai dan menikmati makanan dan minuman di sini. Anda dapat melewati Jalan Ir. H. Juanda untuk mencapai tempat ini hingga hampir ujung utara jalan ini.

Meski pada awalnya merupakan tempat untuk minum teh dan makan atau restoran, belakangan tempat ini diubah menjadi Taman Budaya Provinsi Jawa Barat. Di Taman Budaya Jawa Barat ini sering digelar berbagai pentas kesenian dan budaya Sunda. Belakangan namanya diubah menjadi Balai Pengelolaan Taman Budaya Jawa Barat dibawah Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Pemda Provinsi Jawa Barat.

Tujuan didirikan Taman Budaya ini adalah sebagai pusat kebudayaan Jawa Barat atau cagar budaya. Di tempat ini sering diadakan pertunjukkan di tempat pertunjukkan dan teater terbuka. Lalu juga terdapat galeri seni yang menampilkan berbagai seni tradisional Jawa Barat. Terdapat juga ruang workshop untuk berbagai kegiatan seni dan budaya. Setiap minggu di tempat ini selalu ada pertunjukkan dan pagelaran seni serta budaya. Sedangkan setiap akhir tahun pada malam pergantian tahun, Taman Budaya menyelenggarkan pertunjukan Bajidoran.

Posted In  Galeri dan BudayaHiburanKulinerLokalRestoran and  Wisata

Peta Park, sebuah resort wisata baru yang baru dibuka untuk umum pada Hari Minggu Tanggal 29 Mei 2016 lalu. Terletak di Jl. Peta No.229 Bandung, Peta Park menawarkan konsep taman wisata eksklusif bagi para pengunjung. Keistimewaan Peta Park selain lokasinya yang lebih mudah dijangkau adalah memperbolehkan para pengunjung membawa hewan peliharaannya untuk ikut bersantai bersama.

Bangunan yang berarsitektur modern menjadi daya tarik sendiri. Pengunjung di sini bisa berfoto-foto berlatar belakang bangunan itu. Aneka tanaman unik dan budidaya sayuran pun terlihat di taman ini. Di sana juga terdapat sungai dan air terjun kecil buatan.

Pengunjung bisa duduk-duduk santai di bawah pepohonan. Banyak pohon bonsai yang bisa menarik para pengunjung ke taman ini. Bagi anak-anak di tepian sungai buatan itu ada area permaianan pasir seperti di pantai.

Pengunjung bisa berpiknik menggelar tikar makan bersama keluarga di rumput taman tersebut. Bagi yang kehabisan atau tidak bawa bekal jangan risau. Di taman ini juga tersedia di foodcourt yang menyediakan berbagai makanan, seperti bakso tahu.

Selain sebagai tempat wisata bangunan di taman ini bisa digunakan untuk berbagai kegiatan seperti gathering komunitas atau keluarga, acara pernikahan, dan kunjungan pendidikan.

Posted In  Destinasi LiburanHiburanPermainan & Wahana and  Wisata

Stone Garden terletak di Desa Gunung Masigit, Kecamatan CIPATAT Kabupaten Bandung Barat dengan memakan waktu tempuh 1 – 2 jam dari pusat kota Bandung.Wisata alam ini tidak kalah indah dengan wisata alam Tangkuban Perahu, Kawah Putih Ciwidey, dan Situ Patengan merupakan kawasan wisata alam yang sering dikunjungi oleh banyak wisatawan lokal maupun mancanegara.

Posted In  HiburanPerjalanan & Petualangan and  Wisata

PT Palawi Risorsis merupakan anak perusahaan Perum Perhutani yang pada awal didirikannya (dengan nama PT. Perhutani Alam Wisata) untuk mengelola dan mengusahakan obyek wisata alam. Pada perkembangannya untuk mendukung obyek wisata alam dikembangkan juga aktivitas-aktivitas didalamnya yang bersifat alamiah dan adventure, seperti outbound dan wisata organik.

Unit Kerja / Business Unit

Wana Wisata Coban Rondo

home Desa Pandesari,

Kec. Pujon Malang 65391

phone 62 -341 5025241 / 7057569
fax 62 – 21 78834061

Wana Wisata Baturraden

home Jl. Bumi Perkemahan,

Wana Wisata Baturraden

Banyumas 53151

phone 62 -281 681001, 681616 / 681328
fax 62 – 281 681001

Kantor Perwakilan / Branch Office

Bandung

home Jl. Laswi No. 1 Bandung
phone 62 -217215758 / 721 4343
fax 62 -21 7215758

Semarang

home Gedung Perhutani Lantai Dasar,

Jl. Pahlawan no. 15-17 Semarang

phone 62 -217215758 / 721 4343
fax 62 -21 7215758

Surabaya

home Gedung Perhutani Lantai Dasar,

Jl.Genteng Kali No. 49 Surabaya

phone 62 – 31 5476995
fax 62 – 31 5492062

Posted In  Industri & PerusahaanIndustri LainnyaPermainan & Wahana and  Wisata

Cafe D’Pakar Bandung

Tempat makan dengan pemandangan indah adalah yang banyak dicari ketika berada di Bandung. Meskipun makanannya sederhana, tetapi suasana yang berbeda mampu menyedot banyak perhatian. Hal itupun terjadi pada Café D’Pakar. Sebetulnya tempat nongkrong anyar yang tengah hits di Bandung ini belum sepenuhnya rampung. Berawal dari sebuah rumah dengan lahan luas kosong kemudian dirubah menjadi kedai sederhana. Disebut sederhana karena café tersebut masih dalam tahap renovasi sehingga tidak memiliki plang nama, tempat duduk, tenaga kerja, dan menu yang tersedia masih sangat terbatas. Tak heran jika Café D’Pakar ini belum memiliki akun jejaring sosial dan melakukan kegiatan promosi. Meski begitu café ini sudah kedatangan pengunjung. Para konsumen itu umumnya mengetahui tempat ini dari mulut ke mulut.

Café D’Pakar memang mencuri perhatian dengan setting tempatnya yang indah. Menu yang ditawarkan untuk sementara hanya berupa nasi goreng, aneka mie, roti bakar, pisang bakar, kopi, teh, hingga minuman cokelat. Jika ingin menghindari udara dingin atau terik matahari kita bisa duduk di dalam ruangan yang dipenuhi dengan unsur kayu jati. Tetapi bila ingin menikmati pemandangan, silahkan duduk di halaman yang berbentuk terasering dengan bangku-bangku kayu eksotis. Letak antar bangku cukup berjauhan sehingga pengunjung dapat dengan leluasa menikmati pemandangan bukit dan hutan raya juanda yang mistis namun romantis. Barisan pohon pinusnya seperti yang terlihat di film Harry Potter.

Posted In  CafeCoffee ShopHangoutKulinerRestoran and  Wisata

Dusun Bambu Family Leisure Park mencoba untuk mendefinisikan filosofi tersebut dalam bentuk konservasi bambu dengan konsep 6E yang terdiri dari Edukasi, Ekonomi, Etnologi, Etika dan Estetika. Dengan dasar 6E tersebut Dusun Bambu ingin menjadi ekowanawisata pertama yang berada di Jawa Barat.

Cafe berkapasitas 600 orang ini memiliki desain yang bagus, dengan aneka hiasan terbuat dari bambu. Kita dapat memilih untuk makan di dalam ruangan, maupun di luar ruangan. Lokasi di luar ruangan merupakan tempat favorit pengunjung. Kita dapat memilih apakah ingin duduk di kursi atau di bale dengan pemandangan menghadap ke danau dan pegunungan. Wah top deh suasana dan pemandangannya, apalagi menjelang malam. Menu andalan cafe ini adalah Nasi Ayam Bakar Betutu dan Nasi Timbel Burangrang. Tapi harganya tergolong di atas rata-rata, misalnya Rp 45rb untuk nasi goreng, Rp 65rb untuk nasi ayam bakar betutu.

Silahkan mencoba makan di Lutung Kasarung. Kita akan merasakan seperti bersantap di sangkar burung di atas pohon. Karena saung ini dihias seperti sangkar burung dan lokasinya memang di atas, tapi kita tidak perlu memanjat. Unik sekali tempatnya.

Posted In  CafeHiburanMasakan IndonesiaPermainan & WahanaRestoran and  Wisata

Takigawa Meat and Bar In The Sky

Takigawa Meat and Bar In The Sky merupakan salah satu konsep resto yang bisa menjadi referensi makan malam/siang Anda bersama keluarga tercinta. Untuk Anda yang sangat menggemari masakan Jepang sekaligus ingin menikmati keindahan kota kembang Bandung, mungkin restoran yang terletak di Jl. Bukit Pakar Timur 4 Dago Pakar Bandung ini bisa menjadi solusi yang sangat tepat.

Faktor tempat menjadi salah satu daya tarik di Takigawa ini, jadi untuk menuju tempat makannya saja harus naik lift dulu ke lantai 5. Pemandangan yang disajikan yakni Kota Bandung, tepat nya Bandung Utara sih. Udara di sini juga sangat sejuk cenderung dingin.

Walaupun fokus masakannya ada di masakan khas Jepang, Takigawa Meat and Bar In The Sky tidak hanya menyajikan menu masakan khas negeri sakura tersebut, sang pemilik juga menyertai menu western yang juga dapat dinikmati oleh pecinta masakan western. Berbagai menu yang menjadi unggulan dari resto ini antara lain adalah Tuna Salad, Tuna Katsu, Chicken Roll, Ika Salad, Gyoza Dumpling, Tamago Cone, Inari Cone serta Edamame. Untuk Anda pecinta menu masakan yang di panggang dan juga olahan sup, resto ini juga menyediakan menu tersebut diantaranya adalah Mushroom Wrap, Volcano, Catterpilar Roll, Mishosiru, Aspara Bacon dan lainnya.

Posted In  HangoutHiburanKulinerMasakan AsiaMasakan InternasionalRestoran and  Wisata

Lereng Anteng Panoramic Coffee Punclut Bandung

Lereng Anteng Panoramic Coffee tempat yang lagi hitz / trend di bandung berada di Puncak Ciumbuleuit atau kerap di sebut Punclut oleh kita sebagai orang Sunda / Bandung yang punya hobby menyingkat sesuatu hingga kadang terdengar lucu sekaligus unik. Dan yang namanya orang Bandung, udah dijamin tau dong daerah Punclut, salah satu kawasan yang terletak di sebelah utara kota Bandung.

Kawasan Punclut berada didataran tinggi dengan udara pegunungan yang sejuk karena itu jauh dari polusi udara yang ada di daerah perkotaan, disini juga bisa sekalian menikmati pemandangan kota Bandung yang cantik. Udara yang segar dan dingin emang bikin perut merengek minta diisi. Kerena itu di sepanjang jalan Punclut berjejer kiri dan kanan terlihat pedangan makanan khas Sunda.

Selain jadi wisata olah raga juga wisata kuliner, kawasan Punclut juga jadi jalur alternatif yang bisa digunakan kalau kita akan pergi ke daerah Lembang sekaligus menghindari kemacetan apabila melewati jalur arah Bandung ke Lembang.

Nuansa hijau rumput yang bikin segar juga pegunungan yang mengelilingi Lereng Anteng emang jadi Point lebih yang bakal dicari banyak orang. Kalau menengok ke bawah, terdiri dari undakan undakan berumput hijau ada beberapa kemah transparant lengkap dengan meja kecil juga bantal but duduk. Tapi kalau siang, kebayang sih panasnya langsung menyorot kemah. Paling afdol kalau malam berduaan sama doi kesini, karena setiap kemah diberi lampu bohlam. Dijamin romantis.

Harga makanan Rp 8.000-Rp 30.000
Harga minuman Rp 5.000-Rp 30.000

Harga

Nasi ayam tulang lunak Rp 28.000
Nasi ayam penyet Rp 28.000
Leupet Oncom Rp 15.000
Vietnam drip Rp 17.000
Hot lemon tea Rp 15.000

[review_wave_gplaces title=”Lereng Anteng Panoramic Coffee” place_id=”ChIJldcYnNXgaC4RoiYUoqbkxTI” excerpt_len=”360″ min_rating=”1″ num_reviews=”5″ place_hide=”1″ ttl_reviews=”10″]

Posted In  CafeCoffee ShopHangoutHiburanKulinerMakanan KhasPermainan & Wahana and  Wisata

MPX Travel merupakan travel pertama di Indonesia yang menggunakan sedan seperti Toyota Vios, Honda City, Livina XR. Travel Bogor – Bandung ini berdiri 4 Agustus 2006 dengan armada 4 Vios dan 2 City. Dimulai dengan memperkerjakan 6 driver dan 1 operator telpon, di bulan Maret 2013 MPX Travel memperkerjakan 30 driver, 11 operator telpon, 1 manager, 3 asisten manager, 1 administrasi dan 2 mekanik.

Posted In  Agen & Biro PerjalananRental KendaraanTransportasiTravel & Shuttle and  Wisata