Museum Adityawarman

Jl. Diponegoro, Belakang Tangsi, Padang Bar., Kota Padang, Sumatera Barat. Museum Adityawarman, Jalan Diponegoro, Belakang Tangsi, Padang City, West Sumatra, Indonesia

075131523

Museum Adityawarman berada di pusat kota Padang, Propinsi Sumatera Barat dan sudah mulai dibangun pada tahun 1974 yang kemudian diresmikan tanggal 16 Maret 1977. Pemberian nama “Adityawarman” Pada tanggal 28 Mei 1979, yang nama sebelumnya adalam Museum Negeri Propinsi Sumatera Barat . Nama Adityawarman dikutib dari nama seorang penguasa atau Raja besar yang dulunya pernah berkuasa di Minangkabau, satu jaman dengan Kerajaan Majapahit pada masa kejayaan Patih Gajah Mada.
Museum Adityawarman adalah sebuah museum budaya yang terpenting di propinsi Sumatera Barat. Museum ini difungsikan sebagai sebuah tempat untuk menyimpan dan juga melestarikan benda-benda bersejarah seperti halnya cagar budaya yang berasal dari Minangkabau, cagar budaya dari Mentawai dan cagar budaya seluruh Nusantara. Untuk menjaga kelestarian dari koleksi benda-benda yang bernilai sejarah tersebut, pemerintah kawasan setempat juga membentuk sebuah tim kecil yang tugasnya adalah sebagai sebagai tenaga educator, preparator, konservator serta pustakawan. Lokasinya berada di Jl.Diponegoro no : 10 , Kota Padang, Propinsi Sumatra Barat.

Musium ini juga menjadi salah satu objek wisata yang terdapat di kota padang, Anda dapat mengajak keluarga Anda menuju musium ini untuk mengetahui berbagai macam kebudayaan minang.


Visited 2435 times, 1 Visits today

Add a Review

Rate this by clicking a star below: